Sejarah dan Perkembangan Toyota Avanza

Diperkenalkan pada bulan Desember 2003, Avanza adalah MPV 5 pintu dengan front-engine, rear-wheel-drive layout. Memiliki mesin bensin 1,3 liter K3-DE EFI inline-four dengan output maksimum 86 PS (63 kW; 85 hp) pada 6.000 rpm (sebelum 2006), mesin bensin K3-VE VVT-i 1,3 liter yang menghasilkan 92 PS (68 kW; 91 hp) pada 6.000 rpm, dan mesin bensin 1.5 liter berkapasitas 1.5 liter yang menghasilkan 104 PS (76 kW; 103 hp) pada 6.000 rpm. Di pasar lain, Avanza juga ditawarkan dengan mesin diesel 1.4 liter 1ND-TV yang menghasilkan 90 PS (66 kW; 89 hp) pada 3.800 rpm.

Pada tahun 2015, Avanza memiliki dua mesin baru, terdiri dari mesin bensin 1.3 liter 1NR-VE Dual VVT-i yang menghasilkan 97 PS (71 kW; 96 hp) pada 6.000 rpm dan bensin 1,5 liter 2NR-VE Dual VVT-i mesin yang menghasilkan 104 PS (76 kW; 103 hp) pada 6.000 rpm. Kode mesinnya menggunakan -VE akhiran bukan -FE karena kedua mesin juga digunakan di mobil Daihatsu.

Avanza adalah model yang dikembangkan sebagai MPV entry level. Pendahulunya yang fenomenal adalah Kijang, yang model programnya telah dipecah menjadi dua model yang berbeda (yang lain adalah Kijang Innova yang lebih besar dan lebih mahal) untuk memperluas jangkauan Toyota di sektor MPV. Avanza ini mirip dengan Kijang penggerak kendaraan berkemampuan pedesaan , penggerak roda belakang, desain body-on-frame.

Toyota Avanza (Jepang:       Toyota Abanza) adalah MPV mini yang dirancang oleh Daihatsu dan dipasarkan oleh Toyota. Diproduksi di Indonesia dan juga kontrak rakit di Malaysia (di bawah Perodua) untuk generasi pertama. Daihatsu merancang dan memproduksi kendaraan tersebut, yang kemudian dijual oleh Daihatsu dan Toyota di bawah plat nama Xenia dan Avanza. Daihatsu memasok kendaraan ke Toyota di bawah produksi konsinyasi dan perjanjian manufaktur OEM. Mobil tersebut diresmikan di Gaikindo Auto Expo pada bulan Juli 2003, dan diluncurkan pada bulan Desember 2003 dan terjual lebih dari 100.000 unit pada tahun itu. Nama "Avanza" diambil dari kata Spanyol "avanza", yang berarti "bergerak".

First generation (F600, 2003–2011)
Saat Avanza diluncurkan di Indonesia, tersedia dalam dua model: 1.3 E dan 1.3 G. Avanza kemudian menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Pada bulan Juli 2004, Avanza 1.3 S (seri S) dengan transmisi otomatis diluncurkan ke pasaran. Mesin 1.3 liter diupgrade menggunakan teknologi VVT-i (K3-VE) dan koil pengapian langsung individu. Perubahan besar pada versi Avanza ini terjadi di sektor Interior yaitu mengubah odometer dan tripmeter digital yang berada di samping speedometer dan tachometer. Sistem pengereman diupgrade dengan menyertakan anti-lock. Peluncuran versi ini juga ditujukan sebagai "pasar uji" untuk rencana pengembangan semua Avanza-Xenia VVT-i dan Edisi Transmisi Otomatis. Edisi khusus ini hadir dengan transmisi otomatis saja. Hanya 200 unit Avanza Type S yang diproduksi. Sebuah warna eksterior baru (hitam) ditambahkan pada waktu bersamaan.

Avanza dibenahi kembali pada akhir kuartal ketiga tahun 2006 dengan mesin VVT-i baru, kisi-kisi baru, bumper baru, interior baru, dan lampu depan dan belakang baru. 1.3 S digantikan oleh Avanza 1.5 S, menggunakan mesin bensin DOHC VVT-i 1,5 liter 16 katup yang baru bersamaan dengan sistem pengereman anti-lock baru. Model 1.3 E dan 1.3 G diupgrade untuk menggunakan mesin bensin DOHC VVT-i 1,3 liter 16-katup dari model 1.3 S.

Second generation (F650, 2011–present)
Generasi kedua Avanza tampil dengan dimensi yang meningkat dengan tujuan untuk memuat lebih banyak penumpang, diluncurkan pada 7 November 2011 di Jakarta, Indonesia. Generasi kedua Avanza tersedia di jalur trim E, G, dan Veloz (menggantikan trim S); dengan model G dan Veloz memiliki varian Luxury. Varian Mewah diperkenalkan pada bulan Juni 2014 untuk bersaing dengan pesaing sejenisnya, seperti Suzuki Ertiga Elegant / Sporty dan Honda Mobilio Prestige / RS.

Avanza menerima update facelift pada tanggal 12 Agustus 2015. Pembaharuan terdiri dari desain mesin, depan dan belakang baru, warna interior, head unit dan fitur keselamatan.
Avanza facelifted pada tahun 2015 memiliki varian baru: manual dan otomatis Veloz 1.3-liter. Mesin yang ditawarkan adalah mesin bensin 1.300 liter 1NR-VE dan 1.5 liter 2NR-VE.



Exterior
1.3 E tidak memiliki lampu kabut, berbeda dengan varian 1,3 G, 1,5 G dan Veloz. Versi 1.5-liter Avanza di Indonesia (1,5 G dan Veloz) memiliki desain roda yang sama, dan keduanya memiliki kaca spion yang dilengkapi dengan lampu sein. Veloz memiliki body kit dan spoiler yang berbeda dengan versi standar. Perangkat tambahan bodi pada eksterior tersedia pada model Luxury. Model facelift memiliki kisi-kisi yang lebih besar, ornamen hiasan belakang dan desain roda yang diperbarui (1,5 Veloz menggunakan velg two-tone)

Interior
1.3 E tidak memiliki unit audio, 1.3 G memiliki sistem audio 1 DIN dengan radio, CD, dan MP3 player. 1,5 G memiliki sistem audio Double DIN dengan radio, CD, dan MP3 player. Veloz dan Luxury memiliki unit audio yang sama dengan 1,5 G, namun dengan tombol kemudi tambahan, input USB dan AUX. Semua model memiliki display multi informasi dan tilt steering sebagai standar. Semua model kecuali Veloz memiliki warna interior krem ​​sebagai standar. Sedangkan veloz memiliki warna interior abu-abu gelap. Selain itu, semua model memiliki airbag Dual SRS sebagai standar. Model mewah memiliki kemewahan tambahan, seperti panel kayu, jok kulit, dan monitor atap sebagai standar. Sistem audio juga disempurnakan dengan DVD player. Dalam versi facelifted, semua model memiliki 2 sistem audio DIN dengan koneksi CD, MP3, USB, AUX dan Bluetooth dengan konektivitas telepon sebagai standar (1,5 model ditingkatkan dengan monitor layar sentuh, pemutar DVD dan sat-nav). Untuk trim E dan G, warna interior telah berubah menjadi coklat tua, dan Veloz berubah menjadi hitam pekat.

Safety features
Pada tahun 2015, dual SRS airbag, sabuk pengaman tiga titik, ABS, Isofix, side impact beams merupakan standar pada semua model. Stability control tersedia di beberapa pasar. Fasilitas immobilizer hanya ditawarkan di trim G dan Veloz.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain. Terima kasih.

Artikel Terkait

Mobil dan Rumah